Silinder Mata adalah

Silinder Mata adalah

Silinder Mata adalah merupakan kelainan pada mata yang disebabkan oleh karena lengkung kornea mata yang tidak merata. Kelainan refraksi ini bisa mengenai siapa saja tanpa peduli status sosial, umur dan jenis kelamin.

Silinder Mata adalah Bola mata dalam keadaan normal berbentuk seperti bola sehingga sinar atau bayangan yang masuk dapat ditangkap pada satu titik di retina (area sensitif mata). Pada orang astigmatisme, bola mata berbentuk lonjong seperti telur sehingga sinar atau bayangan yang masuk ke mata sedikit menyebar alias tidak fokus pada retina. Hal ini menyebabkan bayangan yang terlihat akan kabur dan hanya terlihat jelas pada satu titik saja. Disamping itu, bayangan yang agak jauh akan tampak kabur dan bergelombang.

Apa yang menyebabkan silinder mata?

Silinder Mata atau Astigmatisme umumnya diturunkan dan sering muncul sejak anak anak. Selain itu, astigmatisme juga bisa disebabkan oleh tekanan yang berlebihan pada kornea, kebiasaan membaca yang buruk dan kebiasaan menggunakan mata untuk melihat objek yang terlalu dekat.

Silinder Mata atau Astigmatisma terjadi karena kelainan Refraksi pada permukaan kornea mata. Kelainan Astigmatisma yang kecil akan mengakibatkan gangguan ketajaman penglihatan yang ringan, tapi bisa menyebabkan sakit kepala, ketegangan pada mata dan kelelahan.

Pada kelainan Silinder Mata atau Astigmatisma, bola mata berbentuk Ellips atau Lonjong, seperti bola Rugby, sehingga sinar yang masuk ke dalam mata tidak akan bertemu di satu titik Retina. Sinar akan dibiaskan tersebar di retina. Hal ini akan menyebabkan pkamungan menjadi kabur, tidak jelas, berbayang, baik pada saat untuk melihat jarak jauh ataupun dekat.

Silinder Mata adalah

Silinder Mata adalah

Penyebab Silinder Mata :

* Keturunan (Genetik) Terutama pada silinder-silinder besar (diatas 1,5 diopter)

* Extra Pencahayaan: (TV,Computer) dan arah cahaya masuk kejaringan mata

* Penyakit Mata Tertentu misal: Keratoconus / Kornea bentuk kerucut, Ptosis / kelopak mata yg menggantung/ sulit membuka kelopak mata atas, Bisul di kelopak mata, Pasca operasi, Pasca trauma / kecelakaan

Apa saja keluhan penderita silinder mata atau astigmatisme?

Penderita silinder mata atau astigmatisme yang belum diobati akan sering mengeluh sakit kepala, kelelahan pada mata dan kabur saat melihat benda berjarak dekat maupun jauh. Jika mengalami gejala tersebut dalam jangka waktu yang lama, sebaiknya anda segera ke dokter mata untuk melihat kemungkinan terjadinya astigmatisme.

Bagaimana mengobati silinder mata/astigmatisme?

Hampir semua derajat silinder mata atau astigmatisme dapat dikoreksi dengan kacamata atau lensa kontak. Pada penderita derajat ringan bahkan tidak memerlukan koreksi sama sekali selama astigmatisme itu tidak disertai dengan rabun jauh atau rabun dekat.

Kaca mata untuk penderita silinder mata atau astigmatisme menggunakan lensa silinder. Pilihan lain untuk mengobati astigmatisme adalah dengan operasi, namun tindakan ini sangat terggantung dari kondisi pasien. Operasi dilakukan dengan menggunakan laser untuk memperbaiki lengkung kornea.

Silinder Mata atau Astigmatisme bisa terjadi pada siapa saja, umumnya diturunkan dan sering muncul sejak anak-anak. Sebenarnya tidak akan mengganggu apabila tidak ada pemicunya. Salah satu yang dapat menjadi pemicu, yakni tekanan yang berlebihan pada kornea, misalnya kebiasaan membaca yang buruk atau sering melihat suatu objek dalam jarak terlalu dekat ataupun kurangnya asupan vitamin A.

Gejala yang seringkali muncul, seperti adanya keluhan sakit kepala, kelelahan pada mata, dan kabur saat melihat benda dengan jarak dekat maupun jauh (pada arah tertentu).

Cara mengatasi silinder mata atau astigmatisme, antara lain:

Menggunakan lensa korektif seperti kacamata atau lensa kontak. Kacamata yang digunakan penderita astigmatisme menggunakan lensa silinder. Apabila astigmatisme dibarengi dengan kelainan rabun dekat (hipermetropia), maka dapat diatasi dengan menggunakan kacamata dengan lensa silinder yang disatukan dengan lensa minus. Sedangkan, apabila dibarengi dengan rabun jauh (miopia), maka penderita dapat menggunakan kacamata dengan lensa silinder yang disatukan dengan lensa plus;

Silinder Mata atau astigmatisme juga dapat diatasi dengan melakukan operasi, yakni dengan menggunakan laser untuk memperbaiki lengkung kornea. Akan tetapi, tindakan operasi sangat tergantung dengan kondisi pasien karena tidak semua pasien yang menderita astigmatis cocok untuk dilakukan operasi.

Jadi, entah bagi kita yang mengalami silinder mata atau astigmatisme maupun belum, marilah menjaga mata kita maupun semua ‘aset’ lain yang kita miliki, menjadikannya lahan yang dapat bermanfaat bagi tidak hanya diri kita melainkan juga orang-orang di sekitar kita.

 

Silinder mata adalah

This entry was posted in Uncategorized and tagged . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*