Penyebab Astigmatisma

Penyebab Astigmatisma

Penyebab Astigmatisma– Astigmatisma adalah jenis kesalahan bias, yang berarti bahwa mata tidak membelokkan cahaya yang datang ke dalamnya untuk fokus pada tempat yang tepat pada retina. Rabun jauh (miopia) dan rabun dekat (hiperopia) juga kesalahan bias, disebabkan oleh kornea yang terlalu melengkung atau terlalu datar, masing-masing. Penyebab Astigmatisma- Mata orang-orang yang rabun jauh memfokuskan gambar di depan retina, sedangkan pada mereka yang fokus berpandangan jauh di belakangnya. Orang-orang dapat memiliki keduanya astigmatisma dan kesalahan bias lain, diperkirakan bahwa sekitar 2/3 dari orang-orang yang rabun memiliki kondisi lain juga.

Apa Penyebab Astigmatisma? Astigmatisma (atau mata silindris) mungkin masalah penglihatan yang paling disalahpahami. Bahkan namanya yang banyak membuat orang keliru menyebutnya “stigmatism.”

Penyebab astigmatisma Seperti rabun jauh dan rabun dekat, Silindris adalah kesalahan bias, berarti itu bukan masalah kesehatan mata, melainkan hanya merupakan masalah dengan bagaimana mata memfokuskan cahaya.

Penyebab Astigmatisma– Pada mata dengan Silindris, cahaya gagal untuk datang ke satu fokus pada retina untuk menghasilkan pandangan yang jelas. Sebaliknya, beberapa titik fokus terjadi, baik di depan atau di belakang retina (atau keduanya).

Penyebab Astigmatisma

Penyebab Astigmatisma

Gejala Astigmatisma

Astigmatisma biasanya menyebabkan penglihatan menjadi kabur atau terganggu untuk beberapa derajat di semua jarak. Gejala astigmatisma yang tidak diperbaiki dapat menyebabkan ketegangan mata dan sakit kepala, terutama setelah membaca atau tugas visual berkepanjangan lainnya. Penyipitan mata juga merupakan gejala yang sangat umum dari Silindris yang tidak diperbaiki.

Apakah Penyebab Astigmatisma?

Penyebab Astigmatisma biasanya oleh kornea yang tidak beraturan. Bukannya kornea memiliki bentuk bulat simetris (seperti bisbol), itu berbentuk lebih mirip bola, dengan satu meridian yang secara signifikan yang lebih melengkung daripada tegak lurus terhadap garis meridian itu.

(Untuk memahami apa meridian, pikirkan depan mata serupa dengan wajah jam . Sebuah garis yang menghubungkan 12 dan 6 adalah salah satu meridian. Garis yang menghubungkan 3 dan 9 adalah hal lain.)

Dalam beberapa kasus, astigmatisme disebabkan oleh bentuk lensa di dalam mata. Jenis astigmatisma disebut Silindris lenticular, untuk membedakannya dari Silindris kornea yang lebih sering terjadi.

Penyebab Astigmatisma adalah :

  1. Penyebab astigmatisma Jarak terlalu dekat membaca buku, menonton televisi, bermain videogames, main komputer, main hp ponsel, dll. Mata yang dipaksakan dapat merusak mata. Pelajari jarak aman aktivitas mata kita agar selalu terjaga kenormalannya.
  2. Terlalu lama beraktifitas pada jarak pandang yang sama seperti bekerja di depan komputer, di depan layar monitor, di depan mesin, di depan berkas, dan lain-lain. Mata butuh istirahat yang teratur dan sering agar tidak terus berkontraksi yang monoton.
  3. Tinggal di tempat yang sempit penuh sesak karena mata kurang berkontraksi melihat yang jauh-jauh sehingga otot mata jadi tidak normal. Atur sedemikian rupa ruang rumah kita agar kita selalu bisa melihat jarak pandang yang jauh.
  4. Kebiasaan buruk yang dapat mengganggu kesehatan mata kita seperti membaca sambil tidur-tiduran, membaca di tempat yang gelap, membaca di bawah sinar matahari langsung yang silau, menatap sumber cahaya terang langsung, dan lain sebagainya.
  5. Terlalu lama mata berada di balik media transparan yang tidak cocok untuk mata dapat mengganggu kesehatan mata seperti sering kelamaan memakai helm, lama memakai kacamata yang tidak sesuai dengan mata normal kita, dan sebagainya.
  6. Kekurangan gizi yang dibutuhkan mata juga bisa memperlemah mata sehingga kurang mampu bekerja keras dan mudah untuk terkena rabun jika mata bekerja terlalu diporsir. Vitamin A, betakaroten, ekstrak billberry, alpukat, dan lain sebagainya bagus untuk mata.

 

Jenis Astigmatisma

Ada beberapa jenis astigmatisma:

  1. Astigmatisma miopi. Salah satu atau kedua meridian utama mata yang rabun jauh. (Jika kedua meridian adalah rabun jauh, rabun jauh mereka dalam derajat yang berbeda.)
  2. Astigmatisma hyperopic. Salah satu atau kedua meridian utama adalah rabun dekat. (Jika keduanya berpandangan jauh, mereka hyperopic dalam derajat yang berbeda.)
  3. Astigmatisme Campuran. Salah satu meridian utama adalah rabun jauh, dan yang lainnya adalah rabun dekat.

Penyebab Astigmatisma- Astigmatisma juga diklasifikasikan sebagai teratur atau tidak teratur. Pada astigmatisma teratur meridian utama adalah 90 derajat (saling tegak lurus). Pada Silindris tidak teratur, meridian utama adalah tidak tegak lurus. Penyebab Astigmatisma- Kebanyakan astigmatisma adalah astigmatisma kornea biasa, yang memberikan mata bentuk seperti bola sepak.

Silindris tidak teratur dapat disebabkan oleh cedera mata yang menyebabkan jaringan parut pada kornea, dari beberapa jenis operasi mata atau dari keratoconus, penyakit yang menyebabkan bertahap penipisan kornea.

 

Penyebab Astigmatisma

This entry was posted in Uncategorized and tagged . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*