Penyebab Amblyopia

Penyebab Amblyopia

Penyebab Amblyopia- Amblyopia adalah masalah pada anak-anak yang terjadi ketika satu mata lebih lemah dari yang lain. Otak memilih untuk mengambil gambar dari mata yang lebih kuat dan mengabaikan gambar dari mata yang lebih lemah. Ini berarti bahwa anak menggunakan mata yang kuat lebih daripada mata yang lemah. Jika mata yang lemah tidak digunakan, maka mata yang lemah tidak mampu mengembangkan penglihatan yang baik. Penyebab Amblyopia- Hal ini menyebabkan penglihatan berkurang di mata yang lebih lemah.
Amblyopia biasanya hanya mempengaruhi satu mata.

Penyebab Amblyopia- Masalah Amblyopia dimulai antara kelahiran sampai sekitar usia 7 tahun. Anak Anda mungkin tidak tahu bahwa dia hanya menggunakan satu mata. Penyebab Amblyopia- Hal ini karena mengabaikan gambar dari mata yang lemah merupakan respon otomatis dari otak dan anak Anda tidak memiliki kendali atas hal tersebut.

Penyebab Amblyopia

Penyebab Amblyopia

Pengobatan dini biasanya dapat menyembuhkan amblyopia. Semakin muda anak Anda ketika pengobatan dimulai, semakin mungkin anak Anda memiliki penglihatan yang baik.

Amblyopia kadang-kadang disebut dengan “mata malas (lazy eye).”

Penyebab Amblyopia
Kondisi yang dapat menyebabkan amblyopia yaitu setiap kondisi yang mencegah mata anak Anda membentuk gambar yang jelas dan fokus atau yang mencegah penggunaan normal dari satu atau kedua mata. Hal ini mungkin terjadi jika:

  • Penyebab Amblyopia- Mata tidak fokus pada objek yang sama. Hal ini disebut strabismus. Sebagai contoh, satu mata mungkin melihat lurus sementara mata yang lain melihat ke arah lain. Hal tersebut mengirimkan dua gambar yang berbeda ke otak. Pada anak muda yang memiliki strabismus, otak memilih untuk menerima gambar hanya dari satu mata.
  • Penyebab Amblyopia- Anak Anda mempunyai rabun jauh atau rabun dekat yang lebih besar pada satu mata daripada mata yang lain. Jika satu mata melihat jauh lebih jelas daripada mata yang lain, maka otak mengabaikan gambar buram dari mata yang lebih lemah.
  • Penyebab Amblyopia- Masalah yang mencegah cahaya masuk ke mata untuk jangka waktu yang panjang. Misalnya, masalah pada lensa, seperti katarak, atau di “jendela” pada bagian depan mata (kornea) dapat menyebabkan amblyopia. Masalah jenis ini jarang namun serius. Tanpa pengobatan dini, sang anak mungkin tidak pernah mengembangkan penglihatan normal pada mata yang terkena masalah tersebut
  • Penyebab Amblyopia- Kelainan anatomi atau struktural mata, Amblyopia bisa disebabkan oleh adanya kelainan mata seperti kelainan retina pusat atau katarak.

Bentuk bola mata abnormal atau perbedaan ukuran antara kedua mata juga berkontribusi terhadap amblyopia.

  • Tumor, Pada sebagian kasus, amblyopia merupakan tanda pertama dari tumor mata.

Faktor Resiko Penyebab Amblyopia

Amblyopia cenderung merupakan kondisi yang diwariskan.

Penyebab Amblyopia- Amblyopia juga lebih mungkin terjadi pada anak-anak yang lahir prematur atau yang mengalami keterlambatan perkembangan

Anak Anda mungkin lebih cenderung memiliki amblyopia jika ada anggota keluarga Anda memilikinya atau jika anak Anda mengalami kelahiran prematur atau lahir dengan berat badan rendah.

Gejala Penyebab Amblyopia
Dalam kebanyakan kasus, amblyopia tidak menimbulkan gejala. Tetapi anak Anda mungkin:

  • Memiliki mata yang mengembara atau tidak bergerak sama dengan mata lainnya.
  • Memiliki mata yang tidak bergerak dalam arah yang sama atau fokus pada titik yang sama.
  • Menangis atau mengeluh dengan satu mata tertutup.
  • Menyipitkan mata atau memiringkan kepala untuk melihat sesuatu.
  • Memiliki kelopak mata atas yang terkulai.

Bagaimana Amblyopia Didiagnosis
Dokter anak Anda akan melakukan uji mata. Jika hasil uji mata menunjukkan bahwa anak Anda memiliki penglihatan rendah di salah satu mata, maka dokter bisa mendiagnosa amblyopia setelah mengesampingkan penyebab lain terlebih dahulu.

Untuk membantu diagnosis, dokter akan bertanya mengenai gejala, apakah ada anggota keluarga yang memiliki masalah penglihatan, beberapa faktor risiko lain yang mungkin seperti lahir dengan berat badan rendah, dan apakah anak Anda mengalami kesulitan membaca, melihat papan tulis di sekolah, atau menonton TV.

Para ahli menyarankan bahwa anak-anak menjalani pemeriksaan mata antara usia 3 dan 5 tahun, dan pada beberapa kasus, lebih awal dari usia tersebut. Jika Anda khawatir mengenai mata atau penglihatan anak Anda, segera bawa dia ke dokter mata. Tidak ada anak yang terlalu muda untuk melakukan pemeriksaan mata.

 

Penyebab Amblyopia

 

This entry was posted in Uncategorized and tagged . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>