Menjaga Kesehatan Mata Agar Penglihatan Cerah

Menjaga Kesehatan Mata Agar Penglihatan Cerah

Menjaga Kesehatan– Mata merupakan salah satu panca indera yang paling penting dalam kehidupan manusia. Dengan mata, manusia bisa menikmati keindahan alam ciptaan Tuhan yang begitu luar biasa. Maka itu, agar mata Anda tetap sehat untuk bisa terus menikmati keindahan dunia ini, Anda harus menjaga kesehatan mata Anda dengan baik. Caranya adalah dengan makan makanan yang banyak mengandung vitamin untuk mata.

Kita terkadang sering lupa untuk menjaga kesehatan terutama pada mata. Padahal mata termasuk dalam lima indera terpenting dalam tubuh manusia. Tanpa mata, kita tidak bisa melihat keindahan dunia dan wajah orang-orang terdekat kita. Untuk memastikan mata tetap sehat seiring dengan bertambahnya usia, berikut adalah sepuluh cara merawat atau menjaga kesehatan mata.

Gangguan penglihatan menjadi masalah kronis hari ini. Pada kenyataannya, kebanyakan orang harus menggunakan kacamata ketika mereka masih muda. Anak-anak juga membutuhkan kacamata untuk mendukung mata sehat mereka.

Berbicara mengenai makan yang banyak mengandung vitamin untuk mata, berikut ini ada beberapa jenis makanan yang bisa menjadi pilihan Anda sebagai sumber vitamin untuk mata Anda. Selain mengkonsumsi makanan ini, Anda juga harus sering-sering konsultasikan kesehatan mata Anda secara rutin kepada dokter. Karena dengan mengetahui gejala penyakit mata yang Anda alami, Anda bisa mencegahnya agar tidak semakin parah.

Menjaga Kesehatan Mata Agar Penglihatan Cerah

Menjaga Kesehatan Mata Agar Penglihatan Cerah

1.  Wortel, Wortel kaya akan beta karoten, antioksidan yang membantu mengurangi risiko katarak dan degenerasi otot-otot mata, dan sangat bagus untuk menjaga kesehatan mata.

2.  Kacang-kacangan, Kenari dan almond sangat baik untuk menjaga kesehatanmata. Mereka kaya akan vitamin E yang dapat mencegah katarak.

3. Ikan, Mereka yang suka makan ikan memiliki penglihatan yang sehat. Minyak ikan mengandung lemak esensial atau asam lemak seperti omega 3 yang mampu menjaga kesehatan dan membuat otot-otot mata selalu dalam kondisi baik.

4.  Alpukat, Lutein dalam alpukat merupakan antioksidan yang sangat penting untuk mata dalam Menjaga kesehatan Lutein yang ditemukan terkonsentrasi di makula, area kecil dari retina yang bertanggung jawab untuk penglihatan sentral. Dan, alpukat mengandung jumlah tertinggi lutein, bila dibandingkan dengan semua buah-buahan lainnya.

5.   Ternyata coklat hitam bisa digunakan untuk Menjaga kesehatan, Cokelat hitam kaya kakao ekstrak yang baik untuk kornea. Namun, hindari konsumsi produk coklat yang mengandung terlalu banyak gula atau pemanis.

6.  Sayuran berdaun hijau, Sayuran hijau mengandung banyak nutrisi seperti kalsium, vitamin C, vitamin K dan zat besi. Semua nutrisi tersebut sangat penting untuk kesehatan mata Anda. Menjaga kesehatan mata lebih penting.

7.  Bawang Merah, Bawang merah kaya belerang, jenis mineral yang membantu menghasilkan zat kimia yang disebut glutathione yang bertugas untuk melindungi atau menjaga kesehatan lensa mata.

8.  Bit merah, Seperti wortel, bit merah juga kaya karoten untuk mencegah katarak. Bit juga kaya akan zat besi yang menjaga kesehatan mata.

9.  Anggur, Buah anggur kaya akan flavonoid yang membuat kornea tetap sehat. Mengkonsumsi anggur dalam jumlah terbatas menyehatkan jantung serta penglihatan Anda.

10.  Telur, Telur, terutama kuning telur, mengandung dua nutrisi penting untuk Menjaga kesehatan mata, yaitu sulfur dan sistein.

11.  Hindari memakai lensa kontak selama lebih dari 19 jam, Hal ini dapat menyebabkan kerusakan mata permanen serta ketidaknyamanan pada mata Anda. Jangan pula memakai kacamata terlalu lama.

12.  Kurangi penggunaan tetes mata, Mengurangi pemakaian obat tetes mata. Menggunakan tetes mata untuk mengatasi mata merah boleh saja, namun hanya sesekali. Jika berlebihan, itu malah akan merusak kesehatan mata Anda.

Untuk menjaga kesehatan mata anda bisa dilakukan dan sedikit membaca tips cara merawat mata supaya menjadi lebih fresh dan tidak lelah lagi.

Berikut ini adalah cara-cara yang bisa anda coba untuk menjaga kesehatan mata dari kelelahan:

  1. Mengenali Ciri-Ciri Mata Anda

Hal pertama kali yang harus anda lakukan untuk melakukan perawatan mata adalah anda harus mengenali area sekitar mata anda. Apakah dia area bagian mata terlalu sensitive, tipis, atau malah sering muncul lingkaran hitam (kantung mata). Dengan mengetahui hal-hal itu anda bisa mengerti jenis perawatan mata yang cocok untuk mata kita.

2.  Membersihkan Area Kulit Mata

Usahakan anda selalu rutin membersihkan area kulit yang dekat dengan mata anda. Cara membersihkannya harus hati-dati dan secara perlahan dan lembut. Jika anda terlalu menggosok mata dengan keras hal ini justru bisa membahayakan mata (akan terjadi iritasi) oleh karenanya gunakan kosmetik atau pembersih alami yang sesuai dengan kulit anda.

3.  Menggunakan Nutrisi Yang Tepat

Pilihlah krim pelembab yang memiliki kandungan nutrisi seperti Vitamin A, Vitamin B komplek, C, D dan E. sehingga bisa membantu untuk perawatan mata anda

4.  Usahakan porsi Tidur anda tidak kurang

Tidur yang cukup merupakan salah satu hal yang sangat berpengaruh untuk kesehatan mata anda dan cara merawat mata ini merupakan cara yang paling manjur atau ampuh. Oleh karenannya usahakan anda tidur jangan terlalu larut malam, mematikan lampu kamar saat anda ingin tidur dan kompres mata dengan kantung teh, sendok makan yang dikulkas atau menggunkan buah mentimun.

 

Menjaga Kesehatan Mata Agar Penglihatan Cerah

 

This entry was posted in Uncategorized and tagged . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*