Jenis Strabismus Kelainan Pada Mata

Jenis Strabismus Kelainan Pada Mata

Jenis Strabismus– Mata merupakan alat indra yang terdapat pada manusia. Secara konstan mata menyesuaikan jumlah cahaya yang masuk, memusatkan perhatian pada objek yang dekat dan jauh serta menghasilkan gambaran yang kontinu yang dengan segera dihantarkan ke otak

Mungkin banyak yang belum mengetahui Jenis strabismus. Strabismus atau mata juling adalah kondisi dimana kedua mata tidak tertuju pada satu obyek yang menjadi pusat perhatian. Satu mata bisa terfokus pada satu obyek sedangkan mata yang lain dapat bergulir ke arah yang lain. Kelainan ini bisa disebabkan karena faktor keturunan, misalnya ayah, ibu atau kakek pernah mengidap juling. Jenis Strabismus- Ada beberapa disebabkan karena kecelakaan, sedang sisanya tidak diketahui penyebabnya secara pasti. Keadaan ini bisa menetap (selalu tampak) atau dapat pula hilang timbul. Mata yang tampak juling dapat terlihat lurus dan yang tadinya tampak lurus dapat terlihat juling.

Jenis Strabismus Kelainan Pada Mata

Jenis Strabismus Kelainan Pada Mata

Strabismus atau kelainan mata juling dapat menyerang pria dan wanita. Adapun jenis strabismus terbagi menjadi 4, yaitu :

  1. Jenis Strabismus– Esotropia. Keadaan strabismus, dimana salah satu bola mata normal, sedangkan bola mata yang lain bergulir ke arah dalam atau seakan akan melihat ke arah hidung.

Jenis Strabismus- Esotropia adalah suatu penyimpangan sumbu penglihatan yang nyata dimna salah satu sumbu penglihatan menuju titik fiksasi sedangkan sumbu penglihatan lainnya menyimpang pada bidang horizontal ke arah medial.

Bentuk-bentuk esotropia:

Jenis Strabismus- Esotropia konkomitan, yaitu bila sudut penyimpangan sama besarnya pada semua arah    pandangan.

Jenis Strabismus- Esotropia nonkomitan, yaitu bila besarnya sudut penyimpangan berbeda-beda pada arah pandangan yang berbeda-beda pula.

Penyebab esotropia:

  • Faktor refleks dekat
  • Hipertoni rektus medius kongenital
  • Hipotoni rektus lateral akuisita
  • Penurunan fungsi penglihatan satu mata pada bayi dan anak.

2.  Jenis Strabismus– Eksotropia. Keadaan strabismus, dimana salah satu bola mata normal, sedangkan bola mata yang lain bergulir ke arah luar atau seakan akan melihat kearah telinga.

Jenis Strabismus- Eksotropia adalah suatu penyimpangan sumbu penglihatan yang nyata dimana salah satu sumbu penglihatan menuju titik fiksasi sedangkan sumbu penglihatan yang lainnya menyimpang pada bidang horizontal ke arah lateral.

Bentuk-bentuk eksotropia:

a)     Jenis Strabismus- Eksotropia konkomitan: yaitu bila sudut penyimpangan sama besarnya pada semua arah pandangan

b)      Jenis Strabismus- Eksotropia nonkomitan: yaitu bila besarnya sudut penyimpangan berbeda-beda pada arah pandangan yang berbeda-beda.

Untuk selanjutnya yang dimaksud dengan eksotropia adalah hanya yang konkomitan.

Jenis Strabismus- Penyebab-penyebab eksotropia:

  • Herediter, unsur herediter sangat besar, yaitu trait autosomal dominant
  • Optis, tak ada hubungan dengan kelainan terhadap kehilangn penglihatan binokuler
  • Inervasi, tetapi tidak terdapat abnormalitas yang berarti dalam bidang sensorimotor
  • Anatomi, kelainan untuk rongga orbita misalnya pada penyakit Crouzon.

3.  Jenis Strabismus- Hypertropia. Keadan strabismus, dimana salah satu bola mata normal, sedangkan bola mata yang lain bergulir kearah atas, atau seakan akan salah satu mata melihat kearah alis atau rambut.

Jenis Strabismus- Hipotropia adalah suatu penyimpangan sumbu penglihatan yang nyata dimana salah satu sumbu penglihatan menuju titik fiksasi sedangkan sumbu penglihatan yang lainnya menyimpang pada bidang vertikal ke arah inferior (bawah).

4.  Jenis Strabismus– Hypotropia. Keadan strabismus, dimana salah satu bola mata normal, sedangkan bola mata yang lain bergulir ke arah bawah, atau seakan akan melihat kearah mulut.

Jenis Strabismus- Hipertropia adalah suatu penyimpangan sumbu penglihatan yang nyata dimana salah satu sumbu penglihatan menuju titik fiksasi sedangkan sumbu penglihatan yang lainnya menyimpang pada bidang vertikal ke arah superior (atas).

Jenis Strabismus- Ada baiknya jika balita atau anak terdeteksi dini mengidap strabismus, agar segera diperiksakan ke dokter anak. Dengan operasi ringan, kelainan ini bisa diatasi…

Jenis Strabismus- Strabismus dapat disebabkan oleh ketidak-seimbangan tarikan ototyang mengendalikan pergerakan mata, kelumpuhan otot, gangguan persyarafan atau kelainan refraksi yang tidak dikoreksi. Anak-anak yang dilahirkan dari keluarga yang mempunyai riwayatstrabismus dalam keluarganya beresiko tinggi menderita strabismus juga.

Jenis Strabismus- Seorang dokter spesialis mata anak/pediatrik dapat menentukan sifat strabismus tersebut dan dapat merekomendasikan penanganan yang terbaik.

 

Jenis Strabismus Kelainan Pada Mata

 

This entry was posted in Uncategorized and tagged . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*