Gangguan Mata Silinder

Gangguan Mata Silinder

Gangguan Mata Silinder– Mata memegang peranan penting dalam hidup manusia karena 83 persen informasi yang didapatkan seseorang setiap harinya berasal dari mata. Tapi seiring usia atau perilaku yang buruk terhadap mata kadang membuat kemampuan melihat jadi menurun. Untuk membantu penglihatan, kacamata jadi pilihannya.

Ciri-ciri mata Silinder
1. Pandangan berbayang
2. Tulisan yg lurus terlihat berdempetan, seperti terpecah
3. Suka memiringkan kepala saat melihat obyek, hal ini di pengaruhi kemiringan bola mata/Axis Cylinder
4. Pening di dahi antara 2 mata
5. Tidak tahan terhadap cahaya/ gampang silau

Gangguan Mata Silinder– penyebabnya adalah penurunan daya akomodasi lensa mata terhadap cahaya sebelum ke retina.
Normalnya, cahaya yang masuk di fokuskan oleh lensa tepat ke retina, tapi penderita cylinder cylnder fokus terpecah.
Hal ini di karenakan tidak ratanya kornea yg berfungsi menangkap cahaya.

Gangguan mata silinder saat ini banyak dialami oleh remaja atau pun anak anak, sebenarnya mata silinder ini dapat dicegah secara dini dengan bahan alami atau cara yang mudah. Mata merupakan panca indra penting yang dianugerahkan pada manusia untuk menjalani kehidupannya namun, karena satu dan lain hal gangguan pada mata mulai terjadi.

Gangguan Mata Silinder

Gangguan Mata Silinder

 

Berbagai gangguan mata ini berupa berkurangnya fungsi mata dalam melihat objek, entah objek dalam keadaan jauh, dekat atau objek terlihat kabur merupakan gangguan kesehatan mata, salah satunya yang kita kenal adalah mata silinder. Gangguan Mata Silinder– Mata silinder atau dalam bahasa kedokteran kita kenal dengan “Astigmatisma” ini merupakan salah satu cacat optik yang menyebabkan seseorang dengan mata silinder akan mengalami penglihatan yang kabur atau obyek menjadi baur.

Gangguan Mata silinder terjadi ketika kornea tidak bisa memfokuskan cahaya dengan baik ke retina sehingga, hasil yang dihasilkan saat melihat suatu objek adalah gambar yang buram. Kornea berbentuk kubah yang terdiri dari lapisan transparan yang menutupi iris, pupil dan lensa . Fungsi kornea adalah untuk membelokkan cahaya sehingga cahaya ini fokus pada retina (di belakang mata).

Gangguan Mata Silinder- Anatomi bagian mata manusia memang sangat kompleks, selanjutnya dari sini sel-sel khusus (reseptor foto) akan mendeteksi cahaya dan mengirimkan impuls saraf melalui saraf optik ke otak dimana gambar terbentuk dan dengan demikian orang dapat melihat gambar. Jika kornea berbentuk salah, maka cahaya tidak menekuk benar dan tidak mendarat pada retina dengan benar, objek yang terlihat seperti kabur.

Astigmatisma atau gangguan mata silinder bukanlah penyakit dan juga tidak berarti bahwa anda memiliki  mata yang buruk. Gangguan Mata Silinder– Mata silinder hanya berarti bahwa keadaan kornea mata yang terbentuk tidak benar.

Gangguan Mata Silinder- Gejala Mata Silinder

a)      Gambar distorsi atau melihat gambar kabur di semua jarak

b)      Sakit kepala dan kelelahan

c)       Menyipitkan mata dan ketidaknyamanan pada mata

Seseorang yang menderita astigmatisma ringan mungkin mengalami sakit kepala, ketegangan mata, penglihatan kabur atau kelelahan pada penglihatan berbagai jarak. Silinder yang parah mungkin berakibat dengan kaburnya gambar atau terdistorsi visi. Gangguan Mata Silinder- Mata silinder dapat meningkat perlahan. Perawatan mata biasa secara teratur akan dapat membantu untuk meningkatkan daya mata sehingga mata dapat dipulihkan.

Gangguan Mata Silinder- Betapa berharganya mata kita, hendaknya menimbulkan kesadaran bahwa menjaga kesehatan mata dianggap lebih baik untuk mengurangi resiko berbagai jenis gangguan mata dikemudian hari.

Pengobatan Mata Silinder

Gangguan Mata Silinder- Pengobatan mata silinder berbeda dengan pengobatan mata minus ataupun mata plus. Lensa bantu yang digunakan oleh mata silinder pun berbeda dengan mata minus atau plus. Lensa silinder biasanya lebih mahal daripada lensa plus dan minus. Lensa mata untuk mata silinder biasanya disebut lensa korektif. Gangguan Mata Silinder- Namun penggunaan kaca mata silinder tidak dapat mengobati mata silinder karena jika beban pada kornea semakin berat, maka semakin bertambah pula silinder kita. Cara pengobatan mata silinder yang paling tepat dan efektif adalah dengan operasi menggunakan laser. Gangguan Mata Silinder- Namun cara tersebut sangat bergantung pada kondisi ekonomi pasien mengingat harganya sangat mahal.

Cara mengobati mata silinder dengan mudah adalah dengan menjaga mata kita dan merawat mata kita semaksimal mungkin. Hindari memaksa melihat obyek terutama layar komputer, televisi dan cahaya terlalu terang dalam waktu yang lama. Gangguan Mata Silinder- Istirahatkan mata sebelum terasa lelah. Menggunakan tetes mata setiap dua sampai tiga kali dalam satu jam jika sedang bekerja di depan komputer.

 

Gangguan Mata Silinder

This entry was posted in Uncategorized and tagged . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*